Pesona Dunia Kriminal dalam Layar Lebar

Al Capone, tokoh kriminal yang kehidupannya sering diangkat menjadi film. Robert de Niro juga pernh memerankan sang Capone
Al Capone, tokoh kriminal yang kehidupannya sering diangkat menjadi film. Robert de Niro juga pernh memerankan sang Capone (net)

KLIKPOSITIF -Dunia kriminal memiliki daya tarik yang luar biasa dalam industri perfilman, khususnya industri film Amerika Hollywood. Baru-baru ini sebuah film tentang gengster Italia Al Capone akan kembali diproduksi, aktor Tom Hardy dipercaya untuk memerankan kriminal yang berkuasa di Chicago pada era tahun 40-an tersebut.

Amerika memang dibentuk dari beragam kebudayaan yang masuk dan saling berjalin di negara bekas koloni Inggris tersebut., Italia, Irlandia, Rusia, China adalah beragam bangsa yang ikut terlibat dalam dunia kekerasan di negara setuja mimpi tersebut. Dunia cinema juga memberikan gambaran yang sama kuat dengan realita yang terjadi. Gengster dan beberapa kelompok mafia menguasai dunia malam di sejumlah distrik pada setiap negara bagian. Lain gangnya, lain pula penjahat yang menguasainya.

baca juga: Netflix Mengkonfirmasi Musim Kedua Squid Game

Kondisi ini tak urung terus menarik untuk diangkat dalam layar lebar. Bagi penggemar film , the Godfather yang dirilis pada 1972 adalah garis star untuk menikmati beragam rupa kriminal dalam kehidupan masyarakat di Amerika . Bahkan hingga hari ini para kritikus masih menganggap, olah peran Marlon Brando sebagai Vito Andolini yang mejadi Don paling ganas di kelas mafia Sisilia sebagai roll model bagi pola akting para aktor yang kebagian jatah peran antagonis.

Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa kehidupan mafia dianggap perlu dilihat? Mengapa sisi gelap seorang manusia perlu disorot dalam sebuah film ?

baca juga: Amerika Catatkan Rekor Kasus Covid-19 dengan 1,13 Juta Kasus Harian

Jawaban yang muncul untuk pertanyaan ini bisa jadi sangat beragam, namun hal yang pasti adalah pada asalnya seorang krimial tetaplah seorang manusia dengan segudang keunikan. Film bisa jadi menjadi media untuk meneliti tabiat dan tingkah laku kriminal yang bersangkutan. Paling tidak aktor dan sutradara melakukan hal ini dalam produksi film .

Film yang membuat tokoh kriminal yang kuat biasanya bertolak dari kisah nyata. Jika tidak sebuah film biopic, maka karakter antagonis akan didasarkan pada tokoh kriminal yang benar-benar pernah hidup. Al Capone adalah salah satu nyata dalam hal ini.

baca juga: Kasus Covid-19 Varian Omnicron Makin Tinggi di Amerika, Ajang Grammy Awards Tahun Ini Ditunda

Hanya lewat film kita bisa menyadari jika ternyata, Don Corleone, mafia Sisilia nomor satu ternyata sangat menyayangi keluarga melebihi apapun. Bahwa lewat film juga kita bisa tahu, jika wanita-wanita Sisilia dengan ikhas menyadari posisi mereka sebagai istri seorang mafia. Mereka sadar seutuhnya, jika bayi laki-laki yang mereka lahirkan kelak akan menjadi mafia mengikut jejak sang bapak.

Barangkali hanya lewat film , mungkin kita maklum dengan alasan-alasan seseorang memilih jalan menjadi seorang kriminal, betapun jalan itu sungguh salah dan seringkali terdengar konyol. Lewat film seorang kriminal bisa kembali menjadi sosok yang bisa dinilai kadar kemanusiannya. Yang membuat dunia kriminal terus menyimpan daya tarik untuk dieksplorasi adalah karena pelaku-pelaku manusianya yang dinamis.

baca juga: Oscar 2022: Film Jepang Ini Diprediksi Raih Best International Feature

Selayaknya Tom Hardy yang akan memerankan Al Capone, dia tentu akan riset dan belajar tentang pribadi sang mafia.  Lewat film manusia bisa belajar tentang manusia lainnya, meski barangkali hanya selapis demi selapis.

Penulis: Ramadhani