Gamelan Curi Perhatian Warga Argentina

Kelompok Gamelan KBRI Buenos Aires
Kelompok Gamelan KBRI Buenos Aires "Sang Bagaskara" saat menampilkan kesenian gamelan di Argentina (Ist)

KLIKPOSITIF -- Kelompok Gamelan KBRI Buenos Aires "Sang Bagaskara" mencuri perhatian Penonton pada Malam Selebrasi HUT ke-50 Sekolah Studi Oriental Universidad del Salvador, Buenos Aires, Argentina, selasa malam lalu (4/7).

Acara selebrasi yang mengundang berbagai penampilan seni dan budaya Asia yang berada di Buenos Aires ini dihadiri oleh mahasiswa, Duta Besar dan perwakilan kedutaan besar negara-negara Asia Pasifik di Buenos Aires dan masyarakat Argentina.

baca juga: Padangpanjang Masuk Kategori Kota dengan Pendapatan APBD Tertinggi, Payakumbuh Realisasi Belanja Tertinggi

Universidad del Salvador merupakan salah satu Universitas di Argentina yang memiliki fakultas/sekolah studi oriental bagi mahasiswa Argentina yang memiliki minat mempelajari Asia, termasuk Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

Dalam sambutannya, Dubes RI menjelaskan keunikan kelompok Gamelan KBRI Buenos Aires yang hampir seluruh pemainnya adalah warga Argentina. "Kelompok yang dibentuk pada tanggal 23 Desember 2011 sangat unik karena selain pengajar dari KBRI Buenos Aires yang adalah WNI, mereka semua adalah warga Argentina".

baca juga: Soal Presidensi G20, Kemenkeu Sebut Ini Manfaat Ekonominya

Kelompok Sang Bagaskara memainkan 5 (lima) lagu dengan aransemen yang dimodifikasi dengan peralatan musik modern dan tradisional Amerika Latin. Salah satu lagu yang paling banyak menarik minat undangan yang hadir adalah "El Baile del Pasto" yang mengkombinasikan lagu daerah Indonesia dengan aransemen gamelan dan tambor khas Amerika Latin.

Direktur Sekolah Studi Oriental Universidad del Salvador, Prof. Carlos Rúa juga memberikan apresiasi khusus melihat semakin banyaknya penonton yang hadir dalam acara tersebut secara khusus untuk menyaksikan penampilan Kelompok Gamelan KBRI Buenos Aires, "Sang Bagaskara".

baca juga: Cadangan Devisa Indonesia pada November 2021 Tercatat 145,9 Miliar Dolar AS

Hingga saat ini Kelompok Gamelan KBRI Buenos Aires, "Sang Bagaskara" memiliki jumlah peserta yang aktif sejumlah 20 orang. (*)

Sumber: KBRI Buenos Aires

baca juga: Pemerintah Resmi Batalkan Rencana PPKM Level 3 Pada Saat Nataru, Ini Aturan Penggantinya

Penulis: Eko Fajri