Jalan Lain “Posesif” dari Komunitas ke Bioskop

"baru kali ini, film yang belum tayang di Jakarta, telah dinikmati oleh penonton di Payakumbuh"
Produser film Posesif, Mieske Taurisia (net)

PADANG,KLIKPOSITIF- Meiske Taurisia, produser film Posesif  membawa film tersebut ke sejumlah kota di tanah air.  Padahal film tersebut baru akan tayang di bioskop 26 Oktober nanti. Tiga kota di Sumatra Barat mendapat jatah pemutaran film ini. PadangPanjang, Bukittinggi dan Payakumbuh terpilih, alasannya tiga kota ini tidak memiliki bioskop komersil, layaknya XXI yang hanya ada di Padang.

Dia memilih ruang yang relatif kecil seperti komunitas film atau bioskop-bioskop mickro sebagai media utama tempat memutar Posesif, baru setelah itu tayang di bioskop-bioskop di kota besar. Barangkali baru kali ini, film yang belum tayang di Jakarta, telah bisa dinikmati oleh penonton di Payakumbuh. Sebuah kenikmatan yang jarang. Semua perihal ini menjadi mungkin karena koneksi dan jaringan komunitas film. 

Gagasan Mieske membawa filmnya keliling antar komunitas dan penikmat film bisa disebut sebagai upaya perdana membawa film komersial ke ranah komunitas. Dua sisi dalam industri film yang lebih banyak bertolak belakang dari pada kesamaannya.

Pecinta film yang menciptakan ruang untuk komunitas memandang film sebagai seni murni yang harus terjaga baik secara ideologi dan kualitasnya. Sedangkan film komersil cenderung berasaskan laba semata. Kualitas film kerap jadi pertimbangan belakangan.  

“Hal ini yang harus dinegosiasi. Sineas dan pekerja film yang murni art, harus juga berpartisipasi untuk membuat film komersil yang baik. Tujuan bersamanya memproduksi film Indonesia yang berkulitas,” ujarnya saat wawancara di Padang Senin 23 Oktober 2017.

Sebagai produer, Posesif adalah film komersial pertama bagi Mieske. Sebelumya dia memproduksi film-film independen yang masuk dalam beberapa festival film internasional. Upaya membawa Posesif  ke panggung komunitas, kata Meiske lagi, juga upaya untuk membangkitkan gairah komunitas dan pegiat film independen.

Maksudnya komunitas harus terus ... Baca halaman selanjutnya