Amak, Film Minangkabau di Piala Citra 2017

""Perempuan telah merantau dan lupa tanah kelahiran bahkan ibu tua yang melahirkan tinggal sendiri sebagai penghuni rumah gadang," ujar Ella."
suasana saat pengambilan gambar untuk film pendek Amak, (ist)

PADANGPANJANG, KLIKPOSITIF –Amak, sebuah film pendek karya  Ayu Mella Angelina, Amak ini masuk dalam  nominasi film pendek terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2017. Film karya mahasiswi Pasca Sarjana Minat Penciptaan Film di ISI Padangpanjang ini bakal untuk penghargaan Piala Citra film pendek terbaik.

Sutradara film Amak,  yang akrab diapa Ella mengatakan film pendek tersebut terinspirasi dari prosa karya penyair asal Payakumbuh, Iyut Fitra yang berjudul Jendela Tua. Gagasan awal lahir dari kesepian dan kekhawatiran dari seorang ibu tua akan keturunanya. Persoalam perempuan Minangkabau yang tidak memainkan perannya lagi sebagai penerus penjaga harta pusako.

"Menurut adat, perempuan minang tidak boleh merantau karena nantinya perempuan minang akan menjadi seorang Bundo Kanduang penjaga harta pusako. Tetapi seiring perkembangan zaman, hal itu sudah tidak lagi terjalankan. Perempuan telah merantau dan lupa tanah kelahiran bahkan ibu tua yang melahirkan tinggal sendiri sebagai penghuni rumah gadang," ujar Ella.

Ella menjelaskan untuk proses syutingnya sendiri tergolong cepat dan hanya berlangsung selama dua hari di Nagari Sumpu. Kemudian biayanya pun juga sangat minim yaitu sekitar satu juta dan memanfaatkan apa yang ada tanpa harus mengeluarkan budget yang cukup besar.

"Untuk kendala mungkin lebih kepada perlengkapan alat yang dibutuhkan secara teknis. Sebab  di ISI tepatnya jurusan film masih belum memiliki alat yang lengkap dan banyak. Namun hal ini tidak kami jadikan kendala dan kami berusaha memakai alat seadanya serta teamwork yang sangat luar biasa," katanya.

Secara keseluruhan, Ella mengatakan proses pra produksi hingga pasca editing menghabiskan waktu sekitar 1,5 bulan. Menurutnya hal yang sangat menarik dalam penggarapan film Amak ini adalah banyaknya kebetulan yang membenarkan.

"Mungkin bisa dikatakan begitu karena kdlebetulan untuk cast AMAK sendiri, beliau juga ... Baca halaman selanjutnya