Seniman Payakumbuh Gelar Festival Botuang di Akhir Tahun

"Festival akan dibagi dua yaitu Payakumbuh Street dan pertunjukan kontemporer"
Pemandangan Kelurahan Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan yang akan menjadi salah satu lokasi festival (Andra Nova)

PAYAKUMBUH, KLIKPOSITIF - Sebuah festival seni budaya dengan nama Payakumbuh Botuang Festival (PBF) 2017 akan digelar di Payakumbuh pada akhir tahun ini. Festival yang baru pertama kali diadakan ini akan digelar pada 26 November sampai 2 Desember 2017.

Salah seorang penggagas festival, Iyut Fitra menyebutkan ide awal festival ini berasal seniman Payakumbuh termasuk Yusril, Andra Nova. Ide ini kemudian disambut oleh anggota DPRD Provinnsi Supardi. selanjutnya supardi lah yang berkoordinasi dengan dinas kebudayaan provinsi termasuk juga dengan dinas pariwisata pemuda dan olahraga payakumbuh.

Direktur PBF 2017 Andra Nova mengatakan menurut rencana, acara ini akan dibagi dua yaitu Payakumbuh Street pada 26-28 November 2017. Selama tiga hari ini akan digelar berbagai kegiatan modern fashion, musik akustik, kuliner, dan kolaborasi komunitas.

Kemudian, pada 1dan 2 Desember akan ada berbagai pertunjukan kontemporer untuk mengapresiasi seniman-seniman yang terus berproses menciptakan karya. Untuk lokasinya akan Ada di Pusat Kota Payakumbuh dan di Kelurahan Ampangan di Kecamatan Payakumbuh Selatan.

“Kami sedang mengajak seluruh masyarakat Ampangan untuk ikut dalam acara ini. Sekaligus mengapresiasi seniman yang ada di Payakumbuh untuk terus berkarya dan berproses,” Nova.

Anggota DPRD Supardi mengatakan persiapan acara telah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Menurutnya walaupun ketuk palu acara baru pada 16 Oktober 2017 mendatang, tapi Rapat Badan Anggaran di DPRD Sumbar sudah memberikan sinya positif.

“Persiapan telah dikerjakan sejak dua bulan yang lalu. Bahkan perbincangan awal sudah dimulai sejak tahun lalu,” ujarnya.

 [Ade Suhendra]