Sebelas Penulis Sumbar Menangkan Sayembara Cerita Anak

"Sebelas penulis dari Sumatra Barat ini tergabung bersama 110 penulis dari berbagai provinsi di tanah air"
Penyair Iyut Fitra dari Payakumbuh mewakili penulis Sumbar menerima penghargaan Sayembara Penulisan Cerita Anak (ist)

PADANG,KLIKPOSITIF-Sebelas penulis dari Sumatra Barat menjadi pemenang Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Literasi 2017. Sayembara ini memilih tema Cerita Anak sebagai usaha untuk meningkatkan bahan bacaan dan minat anak pada literasi. Program yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa dan penyerahan penghargaan diselenggarakan pada Sabtu, 7 Oktober lalu.

Sebelas penulis dari Sumatra Barat ini tergabung bersama 110 penulis dari berbagai provinsi di tanah air yang dipilih sebagai pemenang sayembara. Chandra Okta Fiandi,Deddy Arsya, Dian Arsya, Esha Tegar Putra, Ivan Adilla, Iyut Fitra, Pinto Anugrah, Ramadhani, S Metron M, Vendo Olvalanda, dan Riki Eka Putra.

Beberapa nama di atas memang telah dikenal sebagai sastrawan nasional dari Sumbar. Misalnya Iyut Fitra, Esha Tegar, dan Deddy Arsya adalah penyair dari ranah Minangkabau. Nama Lain seperti S Metron M dikenal sebagai sutradara dan direktur artistik. Sedangkan nama Vendo Olvalanda beberapa kali terbit di koran nasional dengan karya cerita anaknya. Tidak semua penulis ini berasal dari kalangan sastrawan. Ada juga guru dan pegiat literasi. Dian Arsya misalnya adalah seorang guru sekolah menengah swasta di Padang.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyebutkan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa sudah menyerahkan 226 buku bahan bacaan kepada Pusat Kurikulum dan Perbukuan untuk dinilai, dan selanjutnya akan diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa jika lolos. Sedangkan tahun lalu telah diterbitkan 165 buku bacaan cerita rakyat.

"Ada 727 naskah yang masuk, dan telah dipilih 120 naskah bacaan yang sesuai dengan kriteria yang ditetapkan. Aspek yang ditinjau dan diperbaiki adalah kesesuaiannya dengan tingkat pendidikan, materi yang mendukung budi pekerti, penggunan bahasa Indonesia, dan aspek grafika," ujarnya.

Salah satu penulis dari Sumbar Vendo Olvalanda menyebutkan bahan bacaan anak yang baik sangat ... Baca halaman selanjutnya