Mohammad Isa Gautama, dari Hobi Menulis Puisi ke UWRF 2017

"Ia menyebutkan puisi yang dikirim mengikuti UWRF ini lebih kurang 30 judul "
Mohammad Isa Gautama (dok Mohammad Isa Gautama)

PADANG, KLIKPOSITIF - Senin 10 Juli 2017 lalu, Yayasan Mudra Swari Saraswati, lembaga nirlaba yang menaungi Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) melalui websitewww.ubudwritersfestival.com mengumumkan 15 penulis emerging dari penjuru nusantara Indonesia. Ke-15 penulis ini nantinya akan bergabung dan tampil di perhelatan sastra dan seni internasional terbesar di Asia Tenggara tersebut pada 25-29 Oktober mendatang.

Dua diantara 15 penulis emerging ini berasal dari Sumatra Barat yaitu Mohammad Isa Gautama dari Padang dan Muhammad Subhan dari Padangpanjang. Pada Kamis 13 Juli 2017, KLIKPOSITIF berkesempatan mewawancarai salah seorang penulis yaitu Mohammad Isa Gautama melalui WhatsApp.

Ia mengatakan sangat bersyukur bisa lolos dalam iven sastra dan seni yang rutin diselenggarakan tiap tahun tersebut. meskipun ia mengakui tidak menyangka bisa lolos dan terpilih mengikuti kegiatan yang berpusat di Ubud, Bali ini.

“Alhamdulillah bisa lolos walaupun tidak menyangka bakalan lolos. Sebab ini kali pertama saya mengirim karya yaitu puisi,” ujar Mohammad isa Gautama yang sehari-hari berkegiatan di Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai dosen di Fakultas Ilmu Sosial.

Meskipun memiliki kesibukan yang cukup padat di kampus, ayah dari Alandra Kamel Gautama dan Axelle Khairan Gautama ini ternyata memiliki waktu untuk menuliskan sajak dan puisi yang telah ditekuninya sejak lama tersebut. Ia mengatakan mulai menulis puisi sudah cukup lama yaitu sejak tahun 1988 hingga sekarang. 

“Untuk menulis puisi sudah cukup lama dan juga pernah dimuat di berbagai media baik itu di Padang atau nasional. Kemudian juga pernah meraih juara baik dalam lomba menulis atau sayembara puisi serta telah diterbitkan juga di 19 antologi bersama,” kata suami dari Nicke Komala Sari ini.

Ia menyebutkan puisi yang dikirim mengikuti UWRF ini lebih kurang 30 judul puisi lseperti persyaratan minimal dari panitia. Ia ... Baca halaman selanjutnya