Kombinasi Pertunjukan Saluang dan Silek di Festival NJT3

"Saluang induk bagi musik tradisi, sedangkan silek induk bagi gerak tradisi di Minangkabau"
Langkok Grup (ist)

PADANG,KLIKPOSITIF-Festival Nan Jombang Tanggal 3 (NJT3) edisi Juli 2017, menghadirkan Saluang Dendang dan Silek. Saluang Dendang kali ini akan ditampilkan Langkok Grup pimpinan Hasanawi.

Langkok Grup memang sudah dikenal sebagai kelompok seni tradisi khususnya dalam Dendang Saluang di Sumatra Barat sejak tahun 1980-an. Mereka sudah punya jadwal perminggu. Setidaknya mereka tampil tiga kali seminggu. Belum kalau ada ‘panggilan’ dari luar Padang.

"Karena kekonsistenan mereka menggarap tradisi mereka jadi layak tampil kali ini,” ujar Angga Djamar, Direktur Festival.

Penampilan kali ini mereka akan menampilkan tiga dendang tradisi. “Kami akan membawakan Singgalang Ratok Saarah, Pelayaran, dan Piaman Lamo,” ujar Hasan.

Ketiga dendang memang sudah dikenal sebagai dendang klasik. Sangat familiar bagi masyarakat pagurauan, sebutan untuk masyarakat Minangkabau yang menyukai saluang.

Pada perpindahan setiap judul lagu dendang nantinya akan diisi oleh Silat tradisi Minangkabau. Kali ini dibawakan pendekar silatnya yang bernama Jon Silek.

Saluang dan Silek, merupakan dua kesenian tradisi yang sudah menjadi semacam induk bagi seni tradisi Minangkabau lainnya.

"Saluang induk bagi musik tradisi, sedangkan silek induk bagi gerak tradisi di Minangkabau,” ujar Ery Mefri, Pembina Komunitas galombang Minangkabau. .

Acara dimulai pada pukul 20.00 WIB pada 3 Juli 2017 di di Ladang Tari Nan Jombang, Balai Baru, Padang.