Bulan Suci Ramadan, Bersalawat Dulang di Festival NJT 3

"Masing-masing grup akan membawakan salawaik sekitar 30 menit"
Penampilan Salawat Dulang Grup Sinar Barapi (youtube.com)

PADANG,KLIKPOSITIF-Festival Nan Jombang Tanggal 3 edisi bulan Juni bertepatan dengan bulan Ramadan yang telah memasuki hari ke-8. Pada festival kali ini akan ditampilkan seni pertunjukan tradisi Salawaik Dulang yang akan digelar pada 3 Juni di Ladang Tari Nan Jombang, Rimbo Tarok, Balai Baru, Padang.

Salawaik Dulang merupakan seni pertunjukan tradisi yang penuh akan nuansa islam. Sebagaimana nama dari seni pertunjukan ini, yakni salawaik (selawat), maka isi dari pertunjukan ini pun penuh dengan selawat atau puji-pujian terhadap Nabi Muhammad SAW.

“Pertunjukan ini tentu saja berisikan zikir terhadap sang pencipta, Allah SWT. Hal ini sejalan dalam menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H kali ini,” ujar Direktur Program festival Angga Djamar saat dihubungi.

Angga menjelaskan Salawaik Dulang yang akan tampil kali ini adalah grup Sinar Barapi dengan tukang salawaiknya Jon Cakra dengan Datuak Gadang, dan grup Tanah Arjuna dengan tukang salawaiknya Kotik Talani dengan Sabri. Kedua grup Salawaik Dulang ini berasal dari Tanahdata.

Grup Sinar Barapi merupakan grup Salawaik Dulang yang bisa disebut kelompok yang paling senior saat ini di Minangkabau. Sebagaimana halnya berselawat secara tradisi, maka kedua grup ini akan disandingkan, balas-membalas selawat atau biasa disebut dengan “berperang” satu sama lainnya.

 “Masing-masing grup akan membawakan salawaik sekitar 30 menit, kemudian baru dibalas oleh grup yang lainnya,” ujar Angga.

Menampilkan Salawaik Dulang pada Festival Nan Jombang adalah sebuah usaha untuk melestarikan dan terus menghidupkan seni tradisi yang keberadaannya semakin tergerus perkembangan zaman. Apalagi seni tradisi seperti Salawaik Dulang ini, yang biasa tampil hanya pada momen-momen tertentu saja.