Begini Sosok Aan Mansyur, Penyair di Balik Puisi AADC2

"Penyair kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu memang suka menulis puisi semenjak SMA. Ini yang menjadi kemiripannya dengan karakter Rangga"
M. Aan Mansyur. (Net)

KLIKPOSITIF - Cuplikan puisi ini mendadak fenomenal setelah penayangan perdana Ada Apa Dengan Cinta? 2 (AADC? 2) kemarin, Kamis, 28 April 2016.

Adalah Aan Mansyur seorang sastrawan asal Makassar yang dipercaya sebagai penyair di balik puisi-puisi Rangga dalam film AADC? 2. Ini hanyalah satu dari 31 puisi yang ia buat khusus untuk karakter Rangga dan dikumpulkan dalam buku “Tidak Ada New York Hari Ini”. Buku “Tidak Ada New York Hari Ini” diluncurkan bersamaan dengan penayangan perdana AADC? 2.

Penyair kelahiran Bone, Sulawesi Selatan itu memang suka menulis puisi semenjak SMA. Ini yang menjadi kemiripannya dengan karakter Rangga yang menghabiskan masa SMA di dalam perpustakaan. Tidak hanya itu, kemiripan lainnya adalah ia juga pernah melakukan interaksi dengan cinta monyet di dalam perpustakaan.

AADC tayang ketika Aan duduk di bangku kuliah. AADC juga terlibat dengan pengalaman romantis antara ia dan perempuan yang disukainya. Pernah sekali ia menyatakan perasaannya lewat puisi. Sebagai jawaban, ia mengajak perempuan pujaannya menonton AADC bersama. Bila ia menerima ajakan berarti ia bersedia menjadi pacar Aan.

Dan mereka menonton AADC berkali-kali setelahnya.

Pria yang telah merilis buku puisi bertajuk Kukila itu merasa begitu senang bisa ambil bagian di AADC 2. Sejak diajak Mira Lesmana pada April lalu, Aan Mansyur membutuhkan waktu menulis puisi-puisi indah di AADC 2 selama tiga bulan dengan melakukan berbagai riset.

Proses riset berlangsung selama tiga bulan, disusul dengan penulisan yang juga memakan waktu serupa. Aan menjelaskan “Tidak Ada New York Hari Ini” menceritakan hati dan fisik manusia yang terbelah, sama seperti yang dirasakan Rangga di negeri nun jauh di sana yang digambarkan dalam AADC? 2.

[Elvia Mawarni]