Tiga Pertunjukan Tradisi Solok di Festival Nan Jombang Tanggal 3

"Dalam beberapa waktu belakangan kesenian ini kembali bergerak"
ilustrasi (ist)

PADANG,KLIKPOSITIF-Pesta pertunjukan bagi seniman tradisi,  Festival Nan Jombang Tanggal 3 (FNJT3),  yang digelar setiap awal bulan kembali bergulir. Untuk pertunjukan pada Rabu, 3 Mei ini kelompok seni tradisi dari Solok yang bernaung di bawah nama kelompok Indang Randai kontemporer akan menampilkan serangkaian pertunjukan tradisi. 

Ada tiga jenis seni pertunjukan yang akan ditampilkan di Ladang Tari Nan Jombang malam nanti. Mulai dari indang duduk, randai, dan kesenian debus. Artinya penikmat seni tradisi, khususnya di Padang bisa melepas dahaga akan pertunjukan tradisi. Menikmati tiga pertunjukan dalam satu malam. sebuah kesempatan yang tidak selalu ada.

Pertunjukan Indang malam itu akan dipentaskan oleh kelompok Sinar Guguak, salah satu kelompok seni yang berada satu atap dengan Indang Randai Kontemporer. Sekretaris kelompok ini, Beyan Putra Albar mengatakan kesenian Indang telah lama ada di Kabupaten Solok. Namun kegiatannya terhenti. Regenerasi seniman tradisi menjadi masalah utama yang tak bisa dielakkan. Sejak tahun 2001 kesenian Indang tidak terdengar lagi.

Dalam beberapa waktu belakangan kesenian ini kembali bergerak. Kelompok Indang yang dulunya terdiri dari 9 kelompok menjadi satu di bawah Sinar Guguak. Seniman yang rata-rata telah cukup berumur didaulat menjadi guru. Seiring dengan perkembangannya peminat baru bermunculan.

“Sekarang regenerasi tidak lagi menjadi soal. Anak-anak muda mulai melirik kesenian. Murid paling muda di Sinar Guguak rata-rata usia remaja. Dengan begini kesenian tradisi bis terus hidup,” ujar Beyan saat dihubungi.

Selain Indang, pertunjukan randai juga akan dihadirkan di panggung Nan Jombang. Cupak Usali akan menampilkan kisah Anggun Nan Tongga. Beyan mengatakan pertunjukan randai ini akan memadu padankan gerakan tari, musik dan gerakan silat.

Kelompok seni Singo Putiah akan menampilkan sejumlah aksi berbahaya, yang disatukan dalam ... Baca halaman selanjutnya