Bagaimanakah Dampak Musik Bagi Otak dan Emosi?

"Penemuan tersebut menunjukkan bahwa mendengarkan musik ekstrim saat sedang marah, tidak akan membuat seseorang menjadi lebih marah. "
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF - Positifers, apakah anda termasuk pecinta musik? Yap. Musik hampir disenangi semua orang karena seringkali orang mendengarkan musik berdasarkan suasana hati. Banyak orang yang menganggap bahwa musik dapat mengembalikan suasana hatinya menjadi lebih baik. Tapi benarkah musik dapat mencerminkan kondisi mental seseorang? Lalu apakah benar musik dapat membuat seseorang merasa lebih baik?

Peneliti dari Aarhus University di Denmark dan Centre for Interdisciplinary Music Research at University of Jyvaskyla, Aalto University di Finlandia, menganalisa aktivitas saraf seseorang saat mendengarkan musik dengan irama senang, sedih, atau takut. Para peneliti fokus pada tanda-tanda depresi, gelisah, dan gangguan saraf.

Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa musik sedih atau musik agresif dapat mengekspresikan perasaan negatif seseorang, tapi musik tersebut tidak dapat memperbaiki suasana hati mereka. Jadi musik hanya bermanfaat agar seseorang dapat mengekspresikan apa yang dirasakannya, tanpa memperbaiki suasana hati atau emosinya. Hal ini sangat berguna bagi Anda yang kesulitan untuk mengutarakan perasaan pada orang lain.

Efek menenangkan

Hasil penelitian di atas, berbeda dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh Australia's University of Queensland. Mereka menemukan bahwa musik ekstrim, termasuk heavy metal, emo, punk, dan screamo, dapat meningkatkan emosi positif pada orang yang sedang marah, dan dapat memberikan efek menenangkan.

Penemuan tersebut menunjukkan bahwa mendengarkan musik ekstrim saat sedang marah, tidak akan membuat seseorang menjadi lebih marah. Musik ekstrim justru dapat membuat Anda merasa lebih tenang dan denyut jantung tetap stabil selama mendengarkan musik tersebut. Musik memang dapat berdampak pada otak dan emosi dalam jangka panjang karena melibatkan banyak bagian otak. Mendengarkan musik favorit, juga dapat mengaktifkan ... Baca halaman selanjutnya