Mengenal Yolanda WF, Kontestan Rising Star Asal Sumbar

"Yola pertama kali ikut lomba lagu saat berusia empat tahun"
Yolanda WF (KLIKPOSITIF/Satria Putra)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Yolanda WF (19), kontestan Rising Star Indonesia 2016/2017 merupakan gadis berdarah Minang-Aceh. Saat mengikuti audisi ajang tersebut, Yola (panggilan akrab Yolanda) itu dengan penuh percaya diri membawakan lagu ‘Pengagum Rahasia’ ciptaannya sendiri dan menarik perhatian para juri.

Rising Star Indonesia bukan ajang pencarian bakat pertama yang diikuti, karena sebelumnya Yola juga pernah ikut audisi X Factor waktu kelas 1 SMA dan Indonesian Idol waktu kelas 2 SMA. Hanya saja wakti itu ia belum beruntung.

Yola sendiri mulai hobi nyanyi semenjak berusia tiga tahun. Anak pertama dari empat bersaudara itu memiliki ayah yang juga suka nyanyi. Sang ayah yang berasal dari Aceh Selatan suka karaokean saat Yola masih kecil.

Saat berusia empat tahun, ia mulai ikut les vokal di Sari Musik Padang. Tapi itu hanya diikuti selama tiga bulan, karena Yola harus ikut keluarga ke Pekanbaru. Saat kembali lagi ke Padang, ia kembali ikut les vokal di tempat yang sama mulai dari kelas 1 SMP sampai kelas 3 SMP. 

"Waktu kecil dulu Yola suka nyanyi lagu Minang yang ‘Batu Batagak’. Kalau lagu Indonesia, lagunya Sherina, Pelangiku," kata Alumni SMP N 25 Padang itu. 

Yola pertama kali ikut lomba lagu saat berusia empat tahun. Saat itu ia membawakan lagu ‘Pelangiku’ di lomba yang diadakan Pemko Padang dan berhasil meraih juara tiga. Sejak saat itu, Yola telah beberapa kali ikut lomba lagu, ada yang secara pribadi dan ada yang mewakili sekolah. Terakhir ia mengikuti lomba nyanyi saat bersekolah di SMA 10 Padang.

Selain bersuara merdu, mahasiswa Teknik Industri Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) ini juga suka nulis lagu. Ia mulai menyadari bakat menulis lagunya semenjak kelas tiga SMP. Semenjak saat itu sampai sekarang Yola telah menciptakan 10 lagu. Satu diantaranya lagu berbahasa Minang yang ia ikut sertakan dalam lomba cipta lagu anti narkoba yang ... Baca halaman selanjutnya